Cetak
Kategori: Profil
Dilihat: 8724

1.1             Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaranserta Strategi Pencapaian

 

1.1.1          Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, dan tujuan dari Program Studi S1 Teknik Mesin UNS adalah sebagai berikut:

 

1.    Program Studi S1 Teknik Mesin menetapkan visi, misi tujuan dan sasaran dengan mengacu kepada visi, misi Fakultas Teknik UNS dan  visi, misi Universitas Sebelas Maret serta renstra UNS tahun 2011-2015.

2.      Perumusan draf visi dan misi dilakukan oleh tim perumus. Selanjutnya dari hasi rumusan draf ini kemudian dilakukan diskusi yang melibatkan tenaga pendidikan, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan perwakilan dari pengguna lulusan.

3.       Para dosen juga menyerap informasi dari berbagai sumber lain di internet dan melakukan benchmarking dengan Program S1 Teknik Mesin lainnya baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. Informasi-informasi tersebut kemudian dirumuskan untuk mendapatkan informasi posisi diri dan peta arah yang jelas yang kemudian rumusan tersebut dirapatkan dalam rapat dewan dosen untuk mendapatkan masukan-masukan lebih lanjut.

4.       Berdasarkan hasil-hasil diskusi dan masukan semua fihak selanjutnya disusun rumusan visi dan misi, tujuan dan sasaran program studi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik UNS.

5.       Dalam rapat, visi, misi, tujuan dan sasaran dilaporkan kepada sidang pimpinan FT UNS.

6.   Visi,misi, tujuan dan sasaran Program Studi S1 Teknik Mesin UNS yang telah disusun kemudian disosialisaikan kepada seluruh civitas akademika melalui buku pedoman akademik, poster, banner, dan media elektronik.

7.       Visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan digunakan sebagai pedoman bagi Program Studi S1 Teknik Mesin UNS.

 

 

1.1.2     Visi

 

Visi Program Studi S1 Teknik Mesin UNS yaitu:

Menjadi program studi yang unggul di tingkat internasional dalampendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknik mesin berlandaskan kepada nilai-nilai luhur budaya nasional.

 

1.1.3   Misi

 

Misi Program Studi S1 Teknik Mesin UNS yaitu:

n  Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana yang menguasai ilmu dasar teknik mesin dan mampu beradaptasi pada standar kompetensi terkini dengan mengedepankan pembinaan suasana akademik berlandaskan nilai-nilai budaya nasional.

n  Menyelenggarakan penelitian  yang berorientasi pengembangan ilmu dan teknologi yang unggul pada bidang material maju dan energi baru.

n  Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan hasil penelitian dan menyelesaikan masalah rekayasa pada industri.

 

1.1.4  Tujuan

 

 

Tujuan Program Studi S1 Teknik Mesin UNS yaitu:

n  Menghasilkan sarjana teknik mesin yang menguasai ilmu dasar teknik mesin , mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi, sertamampu beradaptasi pada standar kompetensi terkini  sarjana teknik mesin.

n  Menghasilkankarya penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi yang unggul pada bidang material maju dan energi baru.

n  Menghasilkan karya inovatif yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan dunia industri.

n  Terwujudnya kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah, industri dan masyarakat.

n  Tercapainyapeningkatan kemampuan sumberdaya manusia yang dimiliki.